The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.

Kamis, November 08, 2012

Menyembunyikan pesan dengan STEGANOGRAFI

Kata 'Steganografi' mungkin pernah anda dengar disuatu tempat, atau mungkin malah belum pernah anda dengar sama sekali. Nah, karena itu, saya akan memberitahukan sedikit tentang Steganografi.

Sekilas, kata Steganografi, hampir mirip dengan kata Stenografi (Teknik Tulis cepat). Tapi, keduanya mempunyai makna yang berbeda ya. kalau Steganografi ini, kayak kita main detektif-detektif an kali yaa... banyak misterinyaa.. haha..

Lalu, apa sih Steganografi itu?

Nah, menurut Wikipedia, steganografi berasal dari bahasa Yunani yaitu steganos yang artinya adalah penyamaran ataupenyembuyian dan graphein yang artinya adalah tulisan. Sehingga, Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia.

Dari kapan sih Steganografi dikenal?

Steganografi sudah dikenal oleh bangsa Yunani. Herodatus, penguasa Yunani, mengirim pesan rahasia dengan menggunakan kepala budak atau prajurit sebagai media. Dalam hal ini, rambut budak dibotaki, lalu pesan rahasia ditulis pada kulit kepala budak. Ketika rambut budak tumbuh, budak tersebut diutus untuk membawa pesan rahasia di balik rambutnya.

Bangsa Romawi mengenal steganografi dengan menggunakan tinta tak-tampak (invisible ink) untuk menuliskan pesan. Tinta tersebut dibuat dari campuran sari buah, susu, dan cuka. Jika tinta digunakan untuk menulis maka tulisannya tidak tampak. Tulisan di atas kertas dapat dibaca dengan cara memanaskan kertas tersebut.

Kalau Contoh Steganografi saat ini gimana ya?

hmm.... saya ambil contohnya, si pengirim A ingin mengirim pesan teks (dalam berkas komputer) kepada si penerima B tanpa dicurigai oleh si C. Maka, dengan Steganografi, pesan teks yang ingin disampaikan oleh A ke B disisipkan dalam ke sebuah gambar. Dengan cara demikian, si A dapat dengan leluasa mengirim gambar ke B tanpa perlu dicurigai oleh C. Jadi, pesan yang disampaikan A ke B berubah ke wujud lain.

Mengapa bisa demikian??

Yuph.. itu karena, setiap gambar memiliki pixel. Dengan manipulasi pixel, dapat ditemukan angka-angka tertentu yang nantinya bisa disesuaikan dengan alfabet teks pesan yang ingin disisipkan. dan Juga bisa dilakukan dengan pengaturan warna gambar.

Hanya itukah?

Itu hanya salah contoh, saat ini, penyisipan pesan tidak hanya dapat dilakukan di gambar saja. Tetapi, Steganografi juga dapat muncul dengan rupa lain seperti audio, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi. Misal, suatu pesan bisa disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat di antara garis-garis yang kelihatan.

Adakah kriteria/syarat dalam Steganografi?

Dalam membuat Steganografi ada 2 Kriteria, yaitu:
1. Fidelity.
Mutu citra penampung tidak jauh berubah. Setelah penambahan data rahasia, citra hasil steganografi masih terlihat dengan baik. pihak ketiga tidak mengetahui kalau di dalam citra tersebut terdapat data rahasia. 2. Recovery.
Data yang disembunyikan harus dapat diungkapkan kembali (recovery). karena tujuan steganografi adalah penyembunyian pesan, maka sewaktu-waktu pesan rahasia didalam citra penampung harus dapat diambil kembali untuk digunakan lebih lanjut.

Jadi, mungkin bagi anda yang ingin bertukar pesan secara rahasia, mungkin dapat menggunakan teknik Steganografi?

Sumber : http://nadzfantasy.blogspot.com/2012/03/menyembunyikan-pesan-dengan.html

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Para Sahabat

Pengunjung

free counters

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP